Pages

Rabu, 13 November 2019

Refleksi Kuliah Filsafat Ilmu ke 11

Peta Filsafat dan Ideologi Pendidikan

Pada perkuliahan kali ini, Prof Marsigit menampilkan gambar Peta filsafat dan Ideologi Pendidikan. Dalam peta tersebut terdapat enam jenis pendidikan yang dibandingkan dalam berbagai sudut pandang. 

Keenam jenis pendidikan tersebut yaitu, pendidikan kapitalisme, pendidikan saintisisme, pendidikan sosialisme, pendidikan spiritualisme, pendidikan demokrasi, dan pendidikan kontemporer Indonesia (Praktek dan Fakta di lapangan). Sedangkan sudut pandang yang digunakan untuk membandingkannya antara lain: filsafat, ideologi, politik, moral, sosial, budaya/karakter, ilmu, epistemologi pendidikan, kurikulum, tujuan pendidikan, teori mengajar, teori belajar, peran guru, kedudukan siswa, teori evaluasi, dan sumber/alat belajar.
Pendidikan Kapitalisme

Pendidikan Saintisisme

Pendidikan Sosialisme
Pendidikan Spiritualisme

Pendidikan Demokrasi
Pendidikan Kontemporer Indonesia
Filsafat
Esensialisme
Realisme
Esistensialisme
Esensialisme
Realisme
Esistensialisme
Esensialisme
Realisme
Esistensialisme
Absolutisme
Esensialisme
Realisme
Esistensialisme
Esensialisme
Realisme
Esistensialisme
Ideologi
Kapitalisme
Liberalisme
Pragmatisme
Utilitarianisme
Materialisme
Kapitalisme
Liberalisme
Pragmatisme
Utilitarianisme
Materialisme
Sosialisme
Komunisme
Komunis
Fundamen-talisme
Demokrasi
Kapitalisme
Liberalisme
Pragmatisme
Utilitarianisme
Materialisme
Politik
Demokrasi-Kapital (Korporasi)
Investasi
Pasar Bebas
Kapital
Investasi
Pasar bebas
Sosialis
Komunis
Proteksi-hegemoni
Demok-Negara
Konservatif
Demokrasi
Nasionalisme
Demokrasi-
Transaksional
Egosentris-Pasar Bebas
Moral
Relatif
Hedonisme
Relatif
Hedonisme
Egosentris
Deontologi
Absolut
Spiritual
Moral
Deontologi
Krisis Multidimensi
Sosial
Alienasi
Multikultur
Global-sistemik-networking
Alienasi
Multikultur
Global-sistemik-networking
Dealienasi
Monokultur
Egaliter
Elitisme
Dealienasi
Monokultur
Egaliter
Elitisme
Alienasi
Multikultur
Primordial
Kolusi
Nepotisme
Korupsi
Local-intrinsic-networking
Budaya/karakter
Pos Modern
Kontemporer
Pos Modern
Kontemporer
Modern
Klasik
Tradisional
Klasik
Modern
Pos Modern
Pos Modern
Konpemporer
Ilmu
Disiplin
Disiplin
Disiplin
Absolut
Kreatif
Interaktif
Aktivitas sosial
Disiplin-Egosentris
Epistemologi pendidikan
Pendidikan Laskar
Indoktrinasi
Pendidikan Laskar
Fenomenologi
Pendidikan Laskar
Indoktrinasi
Pendidikan Laskar
Indoktrinasi
Pendidikan Utk Semua
Fenomenologi
Pendidikan Laskar
Indoktrinasi
Kurikulum
Sbg Instrumen
Negara
Sbg Instrumen
Negara
Sbg Instrumen
Negara
Sbg Instrumen
Sebagai Kebutuhan
Instrumen Egosentris
Tujuan pendidikan
Investasi
Status quo
Investasi
Relatif Absolut
Hegemoni

Egosentris
Status quo
Mono-dualis
Status quo
Pembebasan

Kebutuhan
Reformasi
Investasi

Egosentris

Status quo
Teori mengajar
Berbasis Riset
Behaviorisme
Knowle-Based
Investigasi
Behaviorisme Knowle-Based
Transfer of knowledge
Behaviorisme
Ekspositori
Behaviorisme
Konstruktivis
Interaktif
Trans of know.
Ekspositori
Behaviorisme
Teori belajar
Modeling
Motivasi-Eksternal
Eksplorasi
Motivasi-Eksternal
Modeling
Motivasi-Eksternal
Modeling
Motivasi-spiritual
Otonomi
Motivasi-intern
Konstruktivis
Modeling
Motivasi-eksternal
Peran guru
Think Tank
Pengambang-terkendali
Thinktank
Pelaksana
Think Tank
Pelaksana-terkendali
Model
Pelaksana-terkendali
Fasilitator
Pengembang
Think Tank
Pelaksana-terkendali
Kedudukan siswa
Empty Vessel
Empty Vessel
Empty Vessel
Empty Vessel
Aktor Belajar
Empty Vessel
Teori evaluasi
Eksternal
Ujian Nasional
Eksternal
Ujian Nasional
Eksternal
Ujian Nasioal
Evaluasi-Intrinsik
Penilaian-Berbasis Kelas
Portofolio
Otentik-Asesm
Egosentris-
Eksternal
Ujian Nasional
Sumber/alat belajar
ICT
ICT
Media/Alat Peraga
Tradisional
Kreativitas Guru
Paket Pemerinta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar